Rabu, 19 Maret 2014

Masuk Ke Dunia Baru

Tak terasa ternyata saya dan teman - teman se angkatan sudah mulai masuk ke dunia baru alias DUNIA KERJA. Tak dapat di bayangkan bagaimana nanti jadinya. Ini awal perjuangan hidup saya, berawal dari mencari lowongan pekerjaan yang cocok. dilanjutkan dengan panggilan interview, psikotest kemudian interview dengan user, medical checkup, hingga tanda tangan kontrak & mulai bekerja.


Yups itu lah rutinitas saya setelah lulus dari perkuliahan. Untuk saat ini saya belum masuk ke tahap tanda tangan kontrak & mulai bekerja. Maka saya masih menyempatkan diri berkumpul bersama keluarga serta teman-teman di sekitar rumah. Sedikit terasa lelah saat mulai mendatangi beberapa tempat interview kerja. Sudah beberapa tempat saya kunjungi tapi masih belum cocok. Mulai dengan rutinitas bangun pagi kemudian mencari alamat lengkap dan arah dari google maps, sarapan kemudian berangkat menuju tempat interview.

Awalnya semangat 100%  tetapi setelah bertemu macet di jalan besar, mulai lah turun semangat saya, Jakarta memang untuk saat ini masih terlalu ruwet apalagi menjelang jam masuk kantor pagi hari serta jam pulang kantor di sore hari. Melihat macet di depan mata seperti tiada habisnya. Untuk saat ini memang harus bersabar karena menunggu proses selesainya transportasi masal yang akan di bangun oleh Gubernur Jakarta Kita.

Sesampainya di kantor yang dituju mulailah mencari tempat parkir yg sesuai kemudian ke toilet merapikan sedikit kekacauan sehabis di jalan. Barulah masuk ke kantor yg di tuju, mulai dari bertemu resepsionis maupun satpam untuk bertanya - tanya. Setelah itu diantarlah ke bagian HRD untuk wawancara maupun melakukan psikotest. Setelah psikotest biasanya langsung pulang atau terkadang di panggil kembali oleh HRD untuk masuk ke proses berikutnya.

Hari berikutnya terkadang di panggil kembali jika lolos psikotest ada yang cepat ada yang lambat. Setelah itu biasanya masuk ke proses interview dengan user. Saat interview user lah biasanya saya gagal, biasanya kecepatan berpikir kita sangat menentukan apa yang akan kita ucapkan saat itu pada user yang membutuhkan kita. Terkadang saya agak lambat dalam menjawab serta susah untuk menjelasakan beberapa hal. Maka kita harus menyiapkan diri kita sebaik mungkin agar tidak canggung maupun gugup dalam menjawab pertanyaan.

Setelah itu biasanya tergantung perusahaan ada yg melakukan medical checkup maupun tidak tetapi perusahaan yg saya kunjungi biasanya ada proses medical checkup agar dapat melihat calon karyawannya dapat bekerja dalam kondisi prima.

Yup setelah proses ini lah saya menunggu jawaban dari HRD maka saya juga belum bisa cerita hal-hal yang kan terjadi berikutnya, jadi tunggu ya kisah dari saya selanjutnya.

Berikut beberapa pedoman gaji di Indonesia silakan di gunakan sebaik baiknya sebagai referensi yah ^^

http://www.4shared.com/office/apBjGI6Ice/pedoman-gaji-indonesia-2011.html
http://www.4shared.com/office/9KKHZKGhce/pedoman-gaji-indonesia-2012.html
http://www.4shared.com/office/uW24uz2pce/pedoman-gaji-indonesia-2013.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar