Sabtu, 11 Desember 2010

Kasus Hartoyo Sebagai Manajer

Drs. Hartoyo telah menjadi manajer tingkat menengah dalam departemen produksi suatu perusahaan kurang lebih 6 bulan. Hartoyo bekerja pada perusahaan setelah dia pensiun dari tentara. Semangat kerja departemennya rendah sejak dia bergabung dalam perusahaan. Beberapa dari karyawan menunjukan sikap tidak puas dan agresif.
Pada jam istirahat makan siang, hartoyo bertanya padanDrs. Abdul Halim, Ak., manajer departemen keuangan, apakah dia mengetahui tentang semangat kerja yang rendah dalam departemen produksi. Abdul Halim menjawab bahwa dia telah mendengar secara informal melalui komunikasi "grapevine", bahwa para karyawan Hartoyo merasa tidak senang dengan pengambilan keputusan yang dibuat sendiri olehnya. Dia ( Hartoyo) menyatakan, "Dalam tentara, Saya membuat semua keputusan untuk bagian saya, dan semua bawahan mengharapkan saya untuk berbuat seperti itu."

Pertanyaan Kasus :
1. Gaya Kepemimpinan macam apa yang digunakan oleh Hartoyo ? Bagaimana keuntungan dan kelemahannya? Bandingkan motivasi bawahan Hartoyo sekarang dan dulu sewaktu di tentara.
2. Konsekuaensi apa, bila Hartoyo tidak dapat merubah gaya kepemimpinannya? apa saran saudara bagi perusahaan, untuk merubah keadaan?


Jawaban :
1. Gaya kepemimpinan Hartoyo merupakan gaya Otoriter / Otokratis.Keuntungannya mempunyai jalan pemikiran yang jelas untuk mencapai suatu tujuan. Kekurangannya mengakibatkan banyak karyawan tidak betah dan tidak setuju dengan semua yang diperintahkan serta semangat kerja menurun dikarenakan tidak adanya komunikasi dengan atasan dan bawahan. Gaya ini cocok untuk diterapkan pada Tentara maupun Polisi tapi sangat tidak cocok untuk diterapkan pada dunia Kerja maupun perusahaan.
2. Konsekuensinya akan banyak karyawan yang keluar karena tidak cocok dengan gaya kepemimpinnan Hartoyo yang Otokratis. Untuk Perusahaan yang ingin berkembang baiknya menggunakan Gaya kepemimpinan yang Demokratis karena akan terjadi interaksi atasan dengan bawahan yang akan menghasilkan nilai positif untuk barang dan jasa yang di jual dan mengetahui berbagai aspek yang terjadi di lingkungan perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar