Jumat, 22 Juni 2012

Green Cars

Mungkin anda pernah mendengar kata Green Cars ? mobil hijau? maksudnya?

Green Cars adalah teknologi pada mobil yang mulai di produksi beberapa tahun terakhir ini mulai menggunakan motor listrik + mesin biasa, ada juga yang menggunakan mesin listrik saja, ada juga yang menggunakan gas sebagai bahan bakar, semua mesin diatas dirancang sangat hemat bahan bakar, ramah lingkungan dengan polusi yang ditimbulkan sangat minim. 

Green Cars memang dirancang untuk masa depan agar konsumsi bahan bakar yang digunakan dapat ditekan seminimal mungkin juga harus menggunakan bahan bakar yang terbarukan misal menggunakan panas matahari, angin, air dan masih banyak lagi.

Konsep Green Cars sebenarnya sudah sering dilombakan dalam ajang tingkat nasional maupun internasional jadi mobil irit bahan bakar sudah mulai muncul di sekitar kita dan banyak perusahaan besar ikut meramaikan pasar green cars misalnya :

Toyota dengan Prius 

Spesifikasi 
1.8-Liter Aluminum 4-cylinder DOHC 16-Valve with Variable Valve Timing with intelligence (VVT-i), EV[1]/ECO/POWER modes; 98 hp @ 5200 rpm (73 kW @ 5200 rpm), 105 lb.-ft. @ 4000 rpm (142 N•m @ 4000 rpm)
Mobil ini dirancangan dengan motor listrik dan solar panel yang aktif saat awal jika terkena macet atau jalan padat yang berjalan adalah motor listrik dan saat kecepatan tinggi diatas 40km/jam mesin bensin dihidupkan untuk mencapai power tertinggi.

Honda dengan CR-Z

 

ENGINE TYPE: SOHC 16-valve inline-4, 113 hp, 107 lb-ft; brushless DC electric motor assist, 13 hp, 58 lb-ft; combined power rating, 122 hp, 123 or 128 lb-ft
TRANSMISSIONS: continuously variable automatic with manumatic shifting, 6-speed manual
Dengan 2 Pintu maupun penumpang, merupakan mobil couple yang cukup canggih dan irit.

sejauh ini saya baru melihat 2 mobil green ini yang masuk indonesia dan masih banyak lagi green cars lainnya...

Just 4 Fun Only

Tidak ada komentar:

Posting Komentar